Rabu, 18 Maret 2020

6 Langkah cuci tangan dengan sabun yang baik dan manfaat mencuci tangan

TAHU KAH KAMU BAHWA 90% PENYAKIT DISEBABKAN KARENA TANGAN ANDA SENDIRI YANG TIDAK BERSIH ???

Yaaap, 90% penyakit disebabkan karena tangan kita sendiri yang tidak bersih. Lalu Kenapa bisa ????
Aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dari tangan mulai dari makan, hingga bermain dan bekerja manusia menggunakan tangan. Maka coba banyangkan bila tangan kita tidak bersih, lalu kita makan menggunakan tangan secara langsung, pastinya akan banyak bakteri atau virus yang akan masuk kedalam tubuh kita. Nah hal inilah yang menjadikan tubuh kita bisa sakit.

tangan menjadi salah satu tempat berkumpulnya berbagai macam bakteri, kuman, dan virus yang dapat  menjadi penyebab berbagai macam jenis penyakit.Jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang kita  diantaranya

- Flu,
- meningitis,
- hepatitis A, C (gangguan hati),
- penyakit kulit,
- gangguan usus dan diare.

Sungguh berbahaya, bukan? Untuk itu, sebaiknya kita selalu ingat untuk mencuci tangan kita setelah selesai melakukan atau menyentuh sesuatu. Dan sebaik-baiknya mencuci tangan adalah mencuci tangan dengan sabun, karena jika kita mencuci tangan hanya dengan air saja tidak menutup kemungkinan adanya kuman / bakteri yang masih tertinggal di tangan.

Nah untuk itu penting sekali untuk membiasakan diri selalu mencuci tangan kita untuk menjaga tubuh kita dari bakteri dan virus yang dapat membuat tubuh kita sakit.

memang perilaku mencuci tangan adalah hal yang sepele. Begitu sepelenya hingga banyak orang mengabaikannya. Wajar bila kemudian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tagan Pakai Sabun (HCTPS). Penetapan HCTPS sekaligus merupakan kampanye dalam rangka menggalangkan prilaku mencuci tangan oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Data menunjukan lebih dari 5000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia sebagai akibat kurangnya pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat ditanggung  dengan melakukan peruban prilaku  sederhana seperti mencuci tangan. Maka mari kita biasakan hal sepele ini menjadi hal yang selalu dilakukan setiap harinya

Bagaimana sih cara mencuci tangan yang baik???
6 Langkah cuci tangan dengan sabun yang baiknah, dibawah ini adalah 6 langkah mencuci tangan dengan sabun yang baik
Lakukan 6 langkah cuci tangan ini
1. Mulailah membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu gunakan sabun cuci tangan ke telapak tangan Anda secukupnya. Rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri Anda. 
2. Setelah itu posisikan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Biasanya bagian ini sering luput dari perhatian karena mayoritas orang hanya mencuci telapak tangan.
3. Telapak dengan telapak dan sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan sabun. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.
4. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, agar lebih merata ke seluruh bagian tangan.
5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.
6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat divideo bawah ini yaaa

 

Nah mulai sekarang mencuci tangan dengan sabun harus menjadi kebiasaan bagi diri sendiri dan keluarga karena mencuci tangan dengan sabun memiliki manfaat yang banyak seperti dibawah ini
Manfaat cuci tangan ternyata ampuh mencegah aneka penyakit ringan maupun serius, antara lain:

- Iritasi mata, infeksi, dan trakoma
Salah satu penyebab terbesar gangguan kesehatan mata adalah tangan yang kotor. Ketika mata terasa kurang nyaman atau gatal, hampir semua orang akan menggunakan tangan untuk mengusap atau menggaruknya. Padahal belum tentu tangan Anda sudah higienis setelah beraktivitas. Kebiasaan ini akan memperparah penyakit mata. Bahkan penyakit mata berbahaya seperti trakoma juga terjadi karena mata terinfeksi bakteri atau virus ganas. Anda harus memastikan bahwa tangan Anda benar-benar sudah bersih sebelum menyentuh mata.

- Diare dan Cacingan
Bukan hanya kandungan makanan yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diare. Menyantap makanan dengan tangan yang kotor juga merupakan pemicunya. Bakteri dan virus yang menempel pada tangan akan langsung masuk ke tubuh bila Anda makan dengan tangan yang kotor. Menurut informasi yang dikutip dari situs Live Strong, diare masih menjadi satu dari lima penyebab utama kematian anak-anak di dunia. Itulah sebabnya kebiasaan mencuci tangan wajib diajarkan sedini mungkin.

Selain diare, tangan yang kotor juga rentan menyebabkan cacingan. Telur-telur cacing yang menempel pada tangan bisa masuk ke tubuh dan berkembang biak. Akibatnya, tubuh akan kekurangan nutrisi karena cacing-cacing parasit terus tumbuh dan berkembang biak di dalamnya. Jika tidak mendapat perawatan intensif, cacingan bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

- Gangguan Sistem Pernapasan
Anda dapat meminimalkan risiko gangguan sistem pernapasan dengan cara mencuci tangan. Bakteri patogen yang memicu penyakit pernapasan sering menempel pada tangan kotor. Jadi, cucilah tangan Anda dengan benar setiap kali selesai beraktivitas. Sehingga tak ada bakteri yang masuk ke tubuh Anda. Manfaat cuci tangan akan membuat sistem pernapasan Anda selalu sehat. Anda tak akan mengalami gangguan pernapasan ringan atau berat seperti batuk, dahak berlebihan, tenggorokan gatal, atau sesak napas

Selain 3 manfaat diatas mencuci tangan saat ini sedang dianjurkan untuk mencegah virus corona yang sedang viral saat ini. maka mari kita budayakan bersama 6 langkah cuci tangan dengan sabun dengan cara yang benar  

1 komentar:

  1. Jangan malas untuk mencuci tangan dan membersihkan diri yaa. Karena didalam tubuh yg bersih terdapat jiwa yg sehat dan raga yg kuat. Terimakasih untuk informasinya parasmansa, semangat dan sukses selalu!!

    BalasHapus