Minggu, 20 Oktober 2019

Peran PMR Dalam Kesiapsiagaan Bencana Di Sekolah

Hidup di Indonesia yang terletak di Ring of Fires dengan tiga lempeng dunia aktif mengapit menjadi potensi bencana alam gempa bumi yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Hal ini membuat masyarakat Indonesia dan pelajar yang diharapkan mampu memiliki kecakapan dalam menghadapi atau kesiapsiagaan bencana alam.

PMR merupakan salah satu ekskul disekolah yang mempunyai peran dalam pengenalan mengenai siaga bencana. Sebagai anggota remaja PMR, mempunyai peran dan peluang untuk mensosialisasikan kepada teman sebayanya, baik di sekolah maupun luar sekolah, pentingnya kesiapsiagaan terhadap bancana yg akan terjadi maupun yg sudah terjadi. Sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana. 

Mendukung sosialisasi PMR dalam kesiapsiagaan bencana di sekolah dan pengurangan risiko, PMI telah memproduksi manual Ayo Siaga Bencana bagi PMR, panduan fasilitator Ayo Siaga Bencana serta media KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi). Peran PMR dalam kesiapsiagaan bencana salah satunya adalah pengenalan mengenai bencana gempa bumi, gunung meletus, banjir. 

Selain memberikan pengetahuan tentang bencana tersebut, serta cara-cara penyelamatan diri kepada teman-teman sebayanya, PMR juga memberikan informasi cara mencegah bencana yang bisa terjadi di rumah, seperti kebakaran atau ledakan tabung gas.

1 komentar:

  1. AYO SIAGA BENCANA, kita perlu menyadari bahwasanya bencana bukanlah suatu hal yg menakutkan, selama kita memahami bagaimana respon aktif atas suatu bencana yg sedang atau mungkin akan terjadi, semoga akan mengurangi sedikit kemungkinan buruk yg diakibatkan oleh bencana tersebut. Bencana alam memang tidak bisa kita ketahui pasti kapan dan dimana bencana itu akan terjadi, tapi ingat kita bisa meminimalisir hal tersebut dengan pola hidup yg baik dimulai dari diri kita pribadi masing-masing. Dari mu, untuk mu, untuk kehidupan yg lebih baik.

    BalasHapus