Minggu, 20 Oktober 2019

PENTINGNYA PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH


        Palang merah remaja (PMR) Adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana. Maka dari itu adanya organisasi PMR di sekolah itu sangat penting, karena menjadi anggota PMR di sekolah selain dapat dijadikan sebagai pembelajaran tentang kemanusiaan, tolong menolong, dll PMR juga memiliki beberapa manfaat yang bisa kita ambil agar dapat digunakan dikemudian hari baik untuk diri kita sendiri maupun bagi orang lain.

        Berikut ini terdapat beberapa manfaat menjadi anggota ekstrakulikuler PMR di sekolah baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, antara lain:
1. Bisa memberi pertolongan dengan cepat dan tepat bila ada teman yang sakit atau kecelakaan ringan, bila ada di lokasi kejadian.
2. Menolong korban bencana dengan meminta sumbangan di sekolah, untuk mengajak murid yang lain ikut berpartisipasi dan mengajarkan saling tolong menolong kepada sesama manusia.
3. Mengajak murid yang lain mengikuti aksi sosial, seperti donor darah, kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar area sekolah maupun membersihkan lingkungan di luar sekolah . 
4. Membantu kegiatan UKS, seperti membersihkan UKS bersama-sama dengan anggota PMR yang lain.
       Selain beberapa manfaat menjadi anggota ekstrakulikuler PMR di sekolah, PMR juga memiliki Kebijakan PMI dan federasi tentang pembinaan Remaja bahwa:

1. Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
2. Remaja berperan penting dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan.
3. Remaja berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI.
4. Remaja adalah kader relawan.
5. Remaja calon pemimpin PMI pada masa depan.

       Maka dari itu marilah kita wujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, jiwa tolong menolong kepada sesama manusia yang tinggi salah satunya dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakulikuler PMR di sekolah. Yang mempunyai karakteristik anggota PMR yang bersih, sehat, kepemimpinan, peduli, kreatif, kerja sama, bersahabat, dan ceria.

1 komentar:

  1. Ayooo ikut ekstrakurikuler PMR, bukan saja tentang obat dan mengobati jauh di dalam sana ada ilmu untuk menghormati orang lain, memanusiakan manusia lain, bermanfaat dan sangat dekat sekali dengan kegiatan kita sehari hari. Ayo ayooo!! Semangat.

    BalasHapus