Bagaimana
Menjadi Pemimpin yang baik ?
Inti dari kepemimpinan
adalah komunikasi Sebuah proses diskusi, berbicara, bahkan pada saat saling
memandang sebenarnya sedang mencoba menyampaikan sesuatu kepada orang lain..
saat itu kita sedang melakukan suatu proses yang sering disebut komunikasi.
Cara komunikasi:
1. Verbal : Menggunakan bahasa lisan atau tulisan.
2. Non Verbal :
Melalui gerak bahasa tubuh, bahasa isyarat, sikap, ekspresi wajah
Komunikasi akan efektif jika
informasi telah diserap dan dipahami oleh pendengar yang ditargetkan
Lalu Apakah seorang pemimpin perlu mendengarkan???
Mendengarkan sama pentingnya dengan
berbicara karena dengan mendengarkan, kita berkomunikasi dengan lengkap untuk
mencapai pemahaman yang sama
Tipe pendengar:
Apresiator ;
Memperhatikan semua informasi dan berpikir mengenai butir yang dapat ditambahkan.
Tipe ini sangat menikmati suasana interaktif, dan mungkin akan melewatkan hal
penting jika mereka tidak benar-benar terlibat
Pemberi empati
; Mendengarkan semua hal, dan mencoba mengenali situasi yang pernah dialaminya,
yang mendukung hal yang dikemukakan si pembicara. Tipe ini kadang tidak
memahami isi komunikasi jika terlalu memperhatikan aspek lain dari komunikasi
Orang yang memahami (comprehender) ; Mengorganisasikan dan memahami pesan yang disampaikan
dengan akal sehat. Suka menghubungkan antar pengalaman, serta berusaha
menemukan dan memahami hubungan antar ide. Namun sering tidak menangkap semua
pesan yang tidak diucapkan atau tersembunyi.
Orang yang membedakan (discerner) ; Menyerap semua informasi yang disampaikan. Ingin
memperoleh informasi yang lengkap dan akurat, menetapkan pesan utama, dan
memilah-milah apa yang dianggapnya rincian penting. Setiap potong informasi
dengan seksama ditimbang dan diukur keakuratannya, keabsahan, dan isinya. Tipe
ini akan kehilangan beberapa informasi penting jika semua informasi diproses.
Evaluator ; Ingin mengetahui seberapa besar kecocokan informasi yang
diberikan dengan gambaran kegiatan secara keseluruhan. Sering meragukan motif
pembicara, dan akan menerima atau menolak pesan berdasarkan keyakinan pribadi.
Akan membuat keputusan berdasarkan informasi yang disediakan.
Bagaimana relawan berkomunikasi???
·
Satukan
semua tipe pendengar untuk benar-benar menerima pesan yang utuh.
·
Berkomunikasilah
disemua tingkatan. Berbicara dan dengarkan ide-ide: pengurus, staf, antar
relawan, masyarakat, organsasi lain
·
Memandang
sesuatu dari sudut pandang baru
·
Berwawasan
luas
·
Antusias
·
Tidak pernah
membicarakan diri sendiri
·
Sangat ingin
tahu untuk kemajuan organisasi
·
Mempunyai
selera humor
·
Mempunyai
gaya bicara sendiri
Untuk menjadi seorang pemimpin yang
tidak hanya berkomunikasi namun juga harus dapat memotivasi. Hal ini
dimaksudkan untuk mendorong anggota agar organisasi menjadi lebih baik dan
maksimal. Berikut merupakan menu notivasi
Menu motivasi:
· Penguatan
positif
Memberikan
hadiah atau pujian akan efektif jika diikatkan pada keberhasilan melaksanakan
kegiatan
· Bergabung
dalam tantangan
Memberi
tantangan pada situasi baru dan berbeda akan menumbuhkan kreatifitas
· Pemecahan
masalah kreatif
Memberi
kesempatan pada tim untuk memecahkan masalah secara kreatif akan memotivasi
anggota tim menyelesaikan masalah dengan rasa tanggung jawab
· Pelatihan/pembimbingan
Untuk
membantu anggota tim menemukan kekuatan dan strategi yang mendukung tugas
Langsung keinget Alwi dong haha. Ketua parasmansa pada zaman 3G
BalasHapus